Internetan Gratis di Android dengan Android Simple Server

04.14




Selamat malam sobat untukandroid, pada malam ini saya akan share cara internetan gratis di android.
untuk mendapatkan akses internet secara gratis di android kia membutuhan 2 aplikasi, yaitu:
  1. Android Simple Server
  2. Auto Proxy
Sebelum lanjut ketahap selanjut nya, lebih baik kita cari tahu dulu masing masing pengertian dan fungsi dari beberapa tool berikut:

Proxy

Secara teknis, proxy server adalah sebuah sistem yang berperan sebagai perantara antara client hosts, dengan server yang ingin diaksesnya. Secara tradisional, kite bisa menyamakan proxy sebagai mak comblang, makelar, calo, affiliasi, orang ketiga, perantara, broker, ato beberapa istilah sejenis lainnya.

So, apa untungnya pake proxy?

Untuk mengetahuinya, bisa kita lihat dari tujuan awal proxy dibuat. Proxy dibuat dengan tujuan untuk mengambil, membawa, dan menyampaikan, lalu mengembalikan setiap request dari client, kemudian menyimpan request tersebut kedalam suatu tempat yang dinamakan cache.

Apa itu cache? Dan, buat apa proxy menyimpan request tersebut kedalam cache?

Secara sederhana, cache bisa kita samakan sebagai tempat penyimpanan sementara, atau Google sering menyebutnya sebagai tembolok (ntah kenapa Google begitu mencintai kata itu). Jadi, setiap request yang datang melalui proxy, akan disimpan ke dalam cache. Tujuannya, untuk mempercepat proses pelayanan.

Mempercepat proses pelayanan?

Begini bung, saat komputer ente merequest halaman web Google melalui proxy, halaman itu akan disimpan oleh proxy ke dalam cache. Tujuannya, bila suatu saat nanti anda merequest halaman yang sama, proxy tidak perlu lagi harus mengambilnya secara langsung ke komputer servernya Google. Proxy cukup mengambilnya di dalam cache. Dengan begitu, proses pelayanan request dari ente, jadi lebih cepat terlayani, betul?

Dengan cara kerja seperti ini, proxy sangat ideal digunakan oleh suatu sistem, dimana ada lebih dari satu user yang mengakses satu jalur yang sama untuk ke internet. Karena itulah, jaringan yang ada di kantor-kantor, sekolah, universitas, warnet, biasanya menggunakan proxy. Untuk jaringan-jaringan seperti itu, proxy memberikan lebih banyak keuntungan, dibanding kerugian.

Coba ente bayangin begini, saat seorang user merequest halaman web Google, proxy mengambilnya, menyampaikannya, kemudian menyimpannya ke dalam cache. Lalu, saat user lain juga ingin merequest halaman web Google, proxy tidak perlu lagi ke internet, dia cukup mengambilnya dari dalam cache. Dengan bagitu, traffik, lalu lintas jaringan, dan waktu menunggu, akan lebih hemat, cepat, dan singkat, betul?

Oo... jadi itu manfaatnya menggunakan proxy. Lalu, bagaimana dengan tipenya? Apa semua proxy itu sama? Atau proxy juga ada jenis dan kelompoknya? Dan kalo emang ada, tolong dong om... kasih tau apa dan bagaimana cara membedakannya. Ini minta tolong lho om... bukannya merintah dan maksa.

Betul bung, betul sekali, anda benar-benar belut... eh... betul. Jika dilihat berdasarkan cara kerjanya, Proxy memang terbagi dalam dua tipe. Tipe yang pertama disebut dengan Forward proxy server. Cara kerja Forward proxy ini adalah seperti contoh diatas. Dan user seharusnya tahu dan sadar kalo sebenarnya dia menggunakan proxy tipe ini.

Dari mana user tersebut tahu?

Dari konfigurasi browsernya. Karena si user tersebut harus mengkonfigurasikan browsernya secara khusus agar bisa ke internet. Kenapa harus dikonfigurasi secara khusus? Sebab, seperti yang sudah di ceritakan diatas, forward proxy server berada diantara user tersebut, dengan resource atau sumber yang ingin diaksesnya (internet).

Nah, agar browser si user tadi tahu cara mengakses sumber tersebut (internet), si user tadi harus memberi tahu browsernya agar terlebih dulu mengakses forward proxy, sebelum bisa ke internet. Untuk lebih jelasnya, coba perhatikan gambar dibawah ini.

Lalu, proxy tipe lainnya? Tipe lainnya disebut Reverse Proxy. Berbeda dengan forward proxy yang berada diantara user dengan resource (internet), sebuah reverse proxy tempatnya bukan di tengah, melainkan di depan resource (internet). Membingungkan bukan? Mungkin dengan melihat gambar dibawah ini, kita jadi lebih jelas. 


Sudah jelas pengertian dan fungsi dari proxy?

Oke silahkan download aplikasi dan tutorial untuk mendapatkan akses internet gratis, dibawah ini:
  

Sekian tutorial dari saya, semoga berhasil. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
1 Januari 2016 03.46 delete

perlu dicoba nih....mantep kalau memang bisa internetan secara gratis..

Reply
avatar