Untuk Kamu yang Baru Memulai Bisnis Online, Optimalkan 7 Social Media Ini Sebagai Lapak Bisnismu!

06.21
Bisnis Online via www.googledrive.com

Di zaman yang serba maju dan canggih ini, hampir segalanya bisa di dapat dengan mudah. Tak terkecuali untuk mendapatkan barang pemuas kebutuhan yang semakin hari semakin bertambah. Kadang masyarakat mengalami kesulitan untuk menemukan produk yang mereka cari di toko-toko sekitar.
Di tambah lagi dengan masalah lahan di negeri ini semakin sempit, kini tak jarang masyarakat yang menjual produk mereka melalui internet, atau social media. Hal ini di pilih oleh masyarakat karena kerugian yang minim, serta biaya operasional ringan menjadikan usaha bisnis online kian menjamur di Indonesia.
Nah, untuk kamu yang baru memulai berbisnis secara online tapi juga ingin meminimalisir kerugian dan biaya operasional, kini saatnya kamu mengoptimalkan beberapa social media yang sedang menjadi tren di era modern ini.

1. Facebook

Facebook via www.buzzeni.com/

Siapa yang tidak kenal dan tidak menggunakan jejaring sosial yang satu ini? rasanya hampir seluruh masyarakat dunia menggunakan jejaring sosial milik Mark Zuckerberg ini untuk memperluas jangkauan mereka dalam bersosialisasi dan mendapatkan informasi. Namun, media yang satu ini juga bisa kamu manfaatkan sebagai lapak untuk memulai bisnis online.
Langkah pertama dalam berbisnis online di Facebook yaitu buatlah Fan Page dengan login  terlebih dahulu. Lalu kamu tentukan satu dari 6 klasifikasi yang di tawarkan seperti Local  Business or Place, Company, Organization or Institution, Brand or Product, Artist, Band or Public Figure, Entertainment, dan Cause or Community.
Selanjutnya, isilah Fan Page kamu dengan informasi seputar produk yang kamu tawarkan secara lengkap, dengan menggunakan foto, atur fitur tampilan agar menarik, dan tambahkan kontak yang anda kenal untuk mempromosikan produk yang kamu jual.  

2. Twitter

Twitter via www.rodatekno.com/

Media sosial Twitter merupakan media sosial yang juga banyak digunakan oleh masyarakat dunia. Karena media sosial ini banyak di gunakan masyarakat dalam bersosialisasi dan mencari informasi.
Untuk mengoptimalkannya, pertama kamu perlu untuk melakukan sharing mengenai informasi bisnis mu. lalu Perhatikan waktu –tweet agar tidak mengganggu orang lain. Gunakan Hashstag untuk menandai sesuatu sebagai trending topic pada twitter kamu agar bisa menjadi trending topic.
Karena Twitter memiliki keterbatasan karakter penulisan maka manfaatkan URL Link yang tersedia di akun Twitter mu, Dengan begitu, pesan yang lebih panjang akan tetap bisa terbaca.

3. Google+ (G+)


Google+ via 9to5google.files.wordpress.com

Google+ merupakan suatu jejaring sosial yang sepi peminat, khususnya di Indonesia. Tapi, kamu bisa memanfaatkan akun ini sebagai lapak kalau kamu berani untuk mekasimalkan fungsi dari jejaring sosial ini.
Untuk mengoptimakan G+, maka manfaatkan lah SEO pada G+ sehingga kamu juga bisa memanfaatkan fasilitas Google+ Page dan Google+ Local Business. Langkah selanjutnya gunakan konten visual agar dapat menarik konsumen. Kemudian atur strategi berbagi konten dengan para konsumen. Setelah itu lakukan Claim Publishing Content (Google Authorship) dan yang paling penting, buatlah konten yang menarik agar dapat di llihat banyak orang.

 4WhtasApp (WA)

WhatsApp via www.appsinpc.com/

Media chatting yang dapat digunakan di berbagai smartphone ini memang tengah ramai di gunakan oleh masyarakat. Namun di balik fungsinya sebagai media chatting,  WhtasApp juga bisa kamu gunakan sebagai lapak bisnis online kamu.
Untuk mngoptimalkan WhtasApp langkah pertama yang perlu kamu lakukan yaitu membuat grup WA dengan foto profil produk yang kamu tawarkan. Kamu juga bisa  mengundang konsumen kamu dari kontak WA mu, sambil mengirim pesan berupa penawaran yang di sertai harga produk. 
Selajutnya kirim pesan secara massal dengan mengandalkan fitur broadcast, sehingga pelangganmu dapat mengetahui informasi baru mengenai produk yang kamu share di grup WA sebagai pesan pribadi. Pisahkan WA pribadi dengan WA Grup dan pastinya Usahakan WA mu selalu dalam keadaan aktif.

5.Blackberry Messenger (BBM) 

Blackberry Messenger via www.iberita.com/

Memulai bisnis online melalui Blackberry Messenger (BBM) dapat menjadi pilihan yang baik untuk mu. Selain penggunaanya yang mudah, aplikasi ini juga banyak di gunakan masyarakat. Di tambah lagi fiturnya yang menarik, maka kamu bisa memanfaatkan fitur-fitur tersebut untuk mengoptimalakan aplikasi BBM sebagai lapak bisnis kamu.
Cara mengoptimalkan BBM sebagai lapak bisnis, yaitu kamu bisa memulai dengan cara menambahkan kontak sebanyak-banyaknya untuk memperbesar konsumen mu. Kamu bisa menambah kontak dari teman dekat, atau dari internet. Setelah mendapat banyak kontak, maka buatlah Grup BBM. Tapi perlu diingat, kamu perlu meminta izin pada member grup BBM supaya notifikasi grup yang masuk tidak mengganggu mereka. 
Lalu, sering-sering lah mengganti display menggunakan foto produk yang kamu tawarkan. Selanjutnya, kamu perlu melakukan broadcast mengenai produk yang kamu tawarkan melalui kutipan berita, tips atau gambar yang berkaitan dengan produkmu. Dan jangan lupa, lakukan penggantian display secara berkala.

 6. E-Mail

E-mail via cdn2.hubspot.net/

Selain jejaring sosial, e-mail juga bisa kamu gunakan untuk bisnis online sebagai e-mail marketing. Untuk membangun e-mail marketing, kamu perlu memiliki banyak lead dan memilih link-link yang ada dalam e-mail, karena kamu nanti akan fokus pada open rate dan click-throug rate yang memberikan lebih banyak peluang untuk mengonversikan para pembaca leads.
Untuk memulai e-mail marketing, kamu perlu mengotimalkan subjek e-mail dengan audience Lalu, gunakanlah kallimat yang bersifat menawarkan bantuan atau manfaat untuk audience. Selanjutnya, optimalkan nama pengirim menggunakan nama yang sebenarnya, dan masukkan signature di bagian bawah e-mail. Lalu, optimalkan personalisasi anda supaya mengenali identitas pembaca.
Selanjutnya optimalkan juga konten di e-mail kamu dengan paragraf pendek mengenai produk yang kamu tawarkan dan jangan lupa optimalkan pula gambar dalam e-mail marketing mu agar tampak relevan. Berikutnya, optimalkan call –to-action dengan memfokuskan audience, lalu, optimalkan bahasa dalam call-to-action bila perlu gunakan isi yang jelas dan berorientasi tindakan. Dan jangan lupa untuk menyebarkan link anda ke jejaring sosial seperti Facebook, (G+) dan Twitter.

7. Instagram

Instagram via inspiredworlds.com/

Untuk kamu yang suka update mengenai kegiatanmu, mengabadikan momentmu dalam foto dan ber-selfie ria, kamu pastinya mempunyai akun Instagram. Di mana dalam akun ini kamu bisa upload foto-foto kamu sebanyak mungkin. Tapi dibalik fungsinya sebagai tempat untuk eksis, Instagram ternyata juga bisa kamu manfaatkan sebagai lapak bisnis online.
Cara mengoptimalkan Instagram untuk bisnis online, yaitu kamu perlu memperbaiki profilmu, dengan cara memasang foto profil atau avatar yang menarik perhatian orang. Bila perlu pasang logo sesuai bisnis kamu. Selanjkutnya, pastikan username akun Instagram bisnis kamu sama dengan username akun media sosial yang lain supaya mudah dikenali. Tambahkan Emoticon yang dapat menarik perhatian orang dengan diikuti call-to-action.
Berikutnya, gunakan hashtag yang tepat, supaya mempermudah pencarian materi dan konten di media instagram. dan perlu kamu ingat, Usahakan hashtagmu selalu konsisten dan harus sesuai dengan target pasar kamu.  Lalu susun rencana posting dengan membagi gambar atau video produk kamu. 
Gunakan juga fitur Geo-tagging untuk mengetahui lokasi kamu mengambil gambar, lalu lanjutkan dengan metode Call-to-Action untuk meningkatkan konversi dari follower Instagram kamu.

Inilah 7 media sosial yang bisa kamu optimalkan untuk lapak bisnis online kamu, yang terpenting dalam mengoperasikan media sosial ini, kamu harus terus tetap aktif, kreatif, dan positive thinking dengan usaha bisnis online kamu. So, selamat mencoba yah guys.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »